Pengertian, Perbedaan, Serta Keunggulan HTTP Dan HTTPS (Lengkap)

Pengertian, Perbedaan, Serta Keunggulan HTTP Dan HTTPS (Lengkap)


KuaronWeb - "Kalian pasti sudah pada mengenalnya bukan?… Jika belum, setidaknya kalian pasti sering melihatnya diawal URL maupun Link yang kalian kunjungikan?…". Nah, mungkin kalian pernah bertanya-tanya "Apasih fungsi dan kegunaan maupun perbedaan antara http dan https itu?…". Berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengertian, fungsi, kegunaan, serta perbedaan antara keduanya.

Pengertian HTTP Dan HTTPS

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan pelaksanaan yang digunakan buat sistem liputan terdistribusi, kolaboratif, dan memakai hipermedia. HTTP dianggap juga protokol Stateless lantaran setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan mengenai perintah yang datang sebelumnya.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation buat menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi & penggunaan dalam komersi elektris. HTTPS dapat menjamin keamanan pada Autentikasi server yaitu memungkinkan peramban serta pengguna percaya mereka sedang berbicara pada server sesungguhnya.

Cara Kerja HTTP Dan HTTPS

Cara Kerja HTTP yaitu, client terlebih dahulu melakukan permintaan data kepada server, kemudian server akan menanggapi permintaan client dengan mengirimkan respon berupa arsip HTML yang ditampilkan pada browser, ataupun data lainnya yang diminta oleh client.

Sedangkan Cara Kerja HTTPS yaitu, bekerja menggunakan sublayer berupa SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security), tentu hal ini berbeda dengan HTTP yang mempunyai pelaksanaan layer biasa.  Lantaran hal itulah HTTPS sering juga disebut sebagai kombinasi dari HTTP dengan SSL dan TLS.

Fungsi HTTP Dan HTTPS

Fungsinya untuk menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, serta tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah. Sebuah client HTTP membentuk koneksi TCP menggunakan host dengan port default 80 yang digunakan untuk membentuk hubungan antara klien dan server agar dapat permintaan lalu server menjawab menggunakan baris status & pesan.

Perbedaan HTTP Dan HTTPS

Perbedaan Utama HTTP Dan HTTPS yaitu, HTTP dimulai dengan port default 80, sedangkan HTTPS dimulai dengan port default 443. HTTPS bekerja menggunakan transmisi hubungan yang normal HTTP melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), dan keduanya menyanjikan catatan data yang dipertukarkan.

Keunggulan HTTPS Dari HTTP

  1. Jaminan Keamanan.
    Kelebihan protokol https adalah dari segi keamanan. User akan merasa aman saat membuka suatu situs https, tentunya hal ini berbeda dari situs yang masih menggunakan http. Walaupun masih banyak website yang menggunakan http, namun Google sangat menyarankan untuk menggunakan dan beralih ke https.
  2. Meningkatkan Peringkat dan SEO.
    Sebelum membuat artikel ini, saya sempat membaca beberapa artikel di Website dan Blog, mereka menyarankan menggunakan https karena Google sendiri mengemukakan dan menyarankan kepada user untuk memakai https. Dari beberapa saran tesebut dapat disimpulkan bahwa https lebih disukai Search Engine.
  3. Memberikan Kesan Profesional Pada WebSite.
    Website dan Blog yang menggunakan https akan terlihat lebih profesional dan yang pasti aman untuk dikunjungi. Keamanan dan keprofesionalan tersebut tentunya akan menaikkan traffic kunjungan. Ini merupakan manfaat beralih dari http ke https yang paling bisa dirasakan.

"Bagaimana?… Apa kalian tertarik untuk beralih menggunakan https dari pada http?…". Sekian pembahasan tentang http dan https yang dapat saya jelaskan kali ini. Pada artikel selanjutnya saya akan memberikan tutorial "Cara Merubah HTTP Menjadi HTTPS Di Blogger Atau Blogspot".
Share This :
Yovi Mahendra

Saya mulai ngeblog pada tahun 2014, namun sempat vakum beberapa bulan karena ditutupnya Blog Builder yang saya gunakan. Walau begitu saya bukanlah seorang blogger handal, apalagi penulis professional, saya hanyalah seorang yang ingin berbagi hal-hal yang telah saya ketahui. Saya harap apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.